-->

Muslimah Sedang Haid di Dalam Masjid Bolehkah?

Bismillah, Alhamdulillah...
Ada pertanyaan menarik terkait muslimah yang sedang haid atau datang bulan, pertanyaanya begini: Orang haid yang memakai pembalut apa tetep diharamkan berdiam di masjid? karena kadang sering mengadiri pengajian-pengajian yang diadakan di dalam masjid.

Jawabanya ada beberapa pendapat dengan berbagai dasar rujukan yang nantinya kita bisa mengambil kesimpulan diakhir artikel ini:

Jika hanya lewat dan tidak hawatir menetes darahnya hukumnya makruh tapi jika berdiam diri didalam masjid maka hukumnya haram. Lihat  Albajuri juz 1 hal 114-115 cetakan al-hidayah :

واما المكث فحرام عليهما ومثله التردد لقوله صلى الله عليه وسلم لا احل المسجد لحائض ولا لجنب
  رواه ابو داود


Adapun berdiam diri di masjid maka haram bagi keduanya (orang haid dan junub), sebagaimana haram berdiam diri adalah berlalu lalang karena ada hadis Nabi SAW : tidak dihalalkan masjid bagi orang yang haid dan orang yang junub. [HR.Abu Dawud].


Tentang keharaman orang junub/ haid berdiam diri dimasjid, berikut beberapa penjelasan para Imam madzhab:

Menurut Madzhab syafii :

الإقناع للشربيني - (ج 1 / ص 101)( و ) الخامس ( دخول المسجد ) بمكث أو تردد لقوله تعالى { لا تقربوا الصلاة وأنتم سكارى حتى تعلموا ما تقولون ولا جنبا إلا عابري سبيل حتى تغتسلوا } قال ابن عباس وغيره أي لا تقربوا مواضع الصلاة لأنه ليس فيها عبور سبيل بل في مواضعها وهو المسجد ونظيره قوله تعالى { لهدمت صوامع وبيع وصلوات } ولقوله صلى الله عليه وسلم لا أحل المسجد لحائض ولا لجنب رواه أبو داود عن عائشة رضي الله تعالى عنها وخرج بالمكث والتردد العبور للآية المذكورة إذا لم تخف الحائض تلويثه وخرج بالمسجد المدارس والربط ومصلى العيد ونحو ذلك

Menurut Madzhab maliki :

الذخيرة - (ج 1 / ص 314)الرابع قال في الكتاب لا يجوز عبوره ولبثه في المسجد

Menurut Madzhab hanafi :

المحيط البرهاني للإمام برهان الدين ابن مازة - (ج 1 / ص 81)ومنها دخول المسجد وإنها ثابتة بالسنّة عندنا وهو قوله عليه السلام: «إني لا أحل المسجد لجنب ولا حائض». وعند الشافعي بالكتاب وهو قوله تعالى: {ولا جنباً إلا عابري سبيل} (النساء: 43) حتى يجوز له الدخول في المسجد عنده على سبيل العبور دون القعود.وعندنا لا يجوز له الدخول في المسجد أصلاً لا للعبور ولا للقعود لأنه لا فصل في السنة

Menurut Madzhab hanbali :

منار السبيل - (ج 1 / ص 57)[واللبث في المسجد]لقوله صلى الله عليه وسلم: "لا أحل المسجد لجنب، ولا حائض" رواه أبو داود.[وكذا المرور فيه إن خافت تلويثه] فإن أمنت تلويثه لم يحرم، لقوله صلى الله عليه وسلم لعائشة: "ناوليني الخمرة من المسجد" فقالت: إني حائض فقال: "إن حيضتك ليست في يدك" رواه الجماعة، إلا البخاري


Wanita yang sedang dalam keadaan haid (datang bulan) walaupun sudah memakai pembalut kemudian masuk ke dalam masjid hukumnya makruh karena hal ini untuk menjaga kehormatan masjid. Hukum Wanita yang sedang haid memakai pembalut masuk sekedar lewat ke dalam masjid, ditafshil sebagai berikut:
  • Jika wanita haid tidak kuatir darahnya mengotori (menetesi) masjid maka tidak haram melainkan hukumnya makruh jika tdak ada udzur atau hajat, jika ada hajat maka boleh masuk sekedar lewat masjid.
  • Jika kuatir darahnya menetesi masjid walaupun sudah memakai pembalut maka hukumnya haram, jika tidak dikuatirkan menetes maka hukumnya makruh kecuali ada hajat.
KESIMPULAN:
* BERDIAM DI MASJID
Menurut kesepakatan para ulama' orang yang Junub, Haid dan Nifas Haram berdiam di Masjid (kecuali satu pendapat dari madhab Hanbali: memperbolehkan orang yang junub berdiam di masjid dengan syarat berwudhu). 

* BERJALAN MELEWATI MASJID
~ Orang Junub : Diperbolehkan
~ Orang yang Haid dan Nifas :
       - Jika takut (dikhawatirkan)/ragu-ragu menajiskan masjid hukumnya HARAM. 
       - Jika tidak khawatir menetes maka hukumnya MAKRUH.

Sebagai catatan: Maksud dari melewati masjid yaitu masuk dari satu pintu, dan keluar pintu yang lain. Jika masjid hanya punya satu pintu, maka dilarang melewati.

Demikian pembahasan tentang Muslimah yang sedang Haid untuk berdiam diri di dalam masjid, semoga bermanfaat. (piss-ktb)

0 Response to "Muslimah Sedang Haid di Dalam Masjid Bolehkah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel