-->

Khutbah Jumat NU: Siapa Menjamin Iman Kita Stabil dan Mati Husnul Khatimah?

Khutbah Jumat NU kali ini bertemakan "Siapa Menjamin Iman Kita Stabil dan Mati Husnul Khatimah?", Islam melarang kita untuk jumawa soal keimanan, bahkan terhadap orang yang kita nilai “belum beriman”. Hanya bermodal keyakinan terhadap enam rukun iman, tidak kemudian memberikan kita hak untuk merendahkan orang lain yang kita cap kafir. Sebab, tak ada jaminan bahwa iman kita stabil kecuali hanya berusaha terus-menerus mempertahankan dan memperbaikinya. Hari demi hari, jam demi jam, menit demi menit, detik demi detik.

Tidak heran bila Imam al-Ghazali dalam kitab kitab Bidâyatul Hidâyah untuk tetap menjaga kerendahan hati tatkala berhubungan dengna siapa pun, baik anak-anak, orang tua, orang berilmu, orang bodoh, bahkan orang kafir. Menurut Imam al-Ghazali, kebaikan final hanya ada di akhirat dan tak seorang pun yang tahu nasib akhir seseorang kecuali Allah.

Sehingga, kata beliau, bila kita berhadapan dengan orang kafir, agar kita tetap tawadhu’ beranggapanlah bahwa kondisi akhir hayat seseorang tidak ada yang tahu. Bisa jadi orang kafir itu di kemudian hari masuk Islam lalu meninggal dunia dengan amalan terbaik (husnul khâtimah). Jika demikian, ia keluar dari dosa-dosa masa lalu sebagaimana keluarnya sehelai rambut dari adonan roti, mudah sekali. Sementara kita yang mengaku Muslim dan beriman? Bisa jadi Allah sesatkan dirimu di ujung kehidupan, berubah haluan menjadi kafir, lalu menutup usiamu dengan amal terburuk (sûul khâtimah). Dengan demikian, muslim dan kafir sekarang masih sangat mungkin berbalik nasib di kemudian hari. Dirimu yang kini muslim mungkin di kemudian hari masuk kelompok orang yang jauh dari Allah dan dia yang sekarang kafir mungkin di kemudian hari masuk golongan orang yang dekat dengan Allah. Wallahu a’lam.

Semoga Allah anugerahkan kekuatan yang cukup untuk menjaga dan membenahi iman kita semua, iman yang membawa kemasalahatan bagi banyak orang dan lingkungan. Semoga Allah tetapkan dan kuatkan pilar-pilar ini hingga ajal menjemput kita dalam keadaan terbaik, husnul khatimah.

Materi khutbah NU ini bisa anda download dalam format PDF ditautan berikut: [DOWNLOAD]

0 Response to "Khutbah Jumat NU: Siapa Menjamin Iman Kita Stabil dan Mati Husnul Khatimah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel